Kamis, 03 Oktober 2013

Modifikasi Rangkaian Power agar bass lebih nendang

Ini berlaku untuk rangkaian power OCL, Blazer, morales, dan amplifier simetrik lainnya.

1. Power supply
Cara yang paling mudah untuk mendapatkan nilai watt yang besar adalah dengan memperbesar nilai tegangan power supply. Misalkan power amplifier blazer menggunakan supply 47v CT 47v. ini akan menghasilkan 250W rms per pasang transistor final pada outputnya. untuk catu daya 32v CT 32v (power OCL) jangan paksakan men-drive speaker 15" jika suara bass dirasa kurang. Gunakan  transformator dengan arus setengah tegangan skunder, misal trafo dengan tegangan skunder 30v ct, maka arus nominal haruslah 15 amper.

2. Gunakan minimal 2 rail transistor final (1 rail=1 pasang)
berfungsi juga untuk mengurangi panas dan meringankan kerja transistor.

3. Gunakan speaker bass sesuai karakter yang diinginkan
misal 12" lebih cocok untuk hentakan/kick drum dan treble, sedangkain 15" cenderung ke bas-mid dan gitar bass.

4. Untuk Power Blazer
Power Blazer memang mempunyai gain yang sangat rendah. Beberapa teman berpendapat
bahwa transistor sanken memiliki karakter bass yang sangat empuk, tetapi suara disitu-situ saja alias suaranya tidak bisa menempuh jarak jauh. Ini tidak benar membandingkan transistor berdasarkan kemasan atau mereknya. Transistor-transistor besar rata-rata memiliki penguatan/gain yang lebih rendah, pantas saja suara bass-nya empuk, terkesan lemah. Untuk menaikkan gainnya kita perlu tambahan rangkaian. Pasang kit tambahan berupa rangkaian master mixer atau giga bass yang dipasang pada input blazer. Usahakan gunakan kit dengan catu daya simetrik +12v ct -12v, ini untuk menghindari signal transien yang berlebihan pada saat power dihidupkan. Power Blazer tidak perlu modifikasi, its ok.

5. Modifikasi pada rangkaian:
Tiap rangkaian power mempunyai 5 komponen kecil yaitu IC 0p-amp,
resistor input, resistor gain, dan jaringan R-C. Resistor gain dibantu dengan
R input berfungsi untuk menaikkan penguatan (gain). Penguatan yang berlebihan akan
menimbulkan noise. Biasanya nilai R gain ini sebesar 15k untuk power blazer,
22k untuk gain clone, 33k untuk power OCL. Semakin kecil nilai R-gain akan semakin kecil penguatannya, tetapi semakin low noise. Rangkaian R-C berfungsi untuk resonansi bass. Nilai R-C ini berkisar 560 ohm & 47uF (OCL) sampai dengan 1k-100uF. Menariknya di sini, semakin besar nilai C (elko) nada bass-nya semakin empuk. Sebaliknya semakin kecil C nada bass semakin mid. nilai C ini maksimal adalah 47uF untuk gitar bass yang menggetarkan badan, untuk nada bass kendang dan drum yang menghentak di dada gunakan nilai C 10-22uF tidak lebih.

Kapasitor input untuk power OCL biasa, ganti C input 100nF
dengan 22nF, kapasitor kecil ini jangan khawatir kekurangan bass. Nilai 22nF sangat cocok jika tone control menggunakan transistor seperti PCB ronica sc-006 (tone control transistor).

Untuk tone control yang menggunakan IC, C input jangan diganti dengan nilai keci tapi justru dengan nilai yang lebih besar, misal 220nF. Untuk 4 kapasitor yang ada di kaki potensio bass biasa menggunakan 33nF seperti di PCB ronica, bukan 47nF(ini kurang nendang).

Untuk kesetabilan frekuensi (bass-mid-treble) pasang kapasitor tambahan sebesar 1nF di resistor 100k (input power) secara parallel, ini akan membatasi signal noise yang mengganggu. Dengan kapasitor ini menjamin rangkaian dan speaker bekerja dengan karakter bass . Jika power dalam keadaan on dan kita sentuh inputnya, yang terdengar harus nada bass yang powerful, bukan jeritan treble yang mematikan tweeter.

selamat bereksperimen

...update pada 3 Mei 2013

49 komentar:

  1. salam kenal bang Sani,, saya mau tanya modif blazer bisa gak??
    Balas

    Balasan




    1. Salam kenal juga..
      bisa
    2. Kalo blazer 500watt modifnya bang sani?? mohon bantuannya
    3. r gain 15k ganti ke 33k
  2. salam kenal mas...
    saya sami,mau tanya nich,utk ocl 150 watt bila dimodif bisa utk speaker 15 inchi 4 buah?pinginya utk lapangan
    trima kasih
    Balas

    Balasan




    1. salam kenal juga,
      bisa, tr final 2 set tiap speaker
  3. untok speker 8 inc..gimana modif powernya brow...???
    Balas

    Balasan




    1. sama, low voltage supply 18vct
  4. mo tanya om,
    ane dah rakit OCL 150 mono (beli jadi), dgn travo 3A 18V ct, psu dgn elco 2 x 4700uF, tone control standar, pake speaker acr 8 inchi full range. Desain box p x l x t = 50 x 25 x 50 cm lngsung buat dua speaker.
    Tapi koq hasilnya cempreng ya??, kalo conus/daun speakernya ane tekan pake jari baru nendang bassnya. Enak banget di denger.
    Ada solusi ga, biar ane ga perlu bikin ganjelan buat neken conus speakernya???
    By. Arul
    Balas

    Balasan




    1. spool kurang ke dalam. speaker bekas servis?
  5. salam kenal bang. . .
    boleh minta skema bridge 2 trafo ct buat naikin arus & mau tanya power blazer stereo x8 bisa dibridgekah? klo bisa minta skema & butuh voltase & ampere berapa minimal. ?
    thanx b4
    Balas

    Balasan




    1. paralel trafo setelah jadi dc. skema sudah ada
  6. Caranya paralel C 1nF di R 100K gimana Om?? masih bingung... Minta petunjuk.. matur suwun..
    Balas

    Balasan




    1. sori,ikut ngeshare bang sani..
      di rangkaian PCB OCL ada R100k yg salah satu kakinya nempel dijalur ground,lngsng aja diparalel/ditumpuk istilahnya dgn C1nf.coba mas mabhtera baca2 dulu postingan dgn baik dari mas sani,disitu ada sudah dijelaskan.
  7. bang sani,klu bikin blazer x10 bassnya jdi lebih nendang,gimna modfnya...?
    Balas

    Balasan




    1. sementara ganti r gain 15k jadi 33k,
  8. mau nanya boss, mampu kah power rakitan percobaan power 8 pasang mono-mono 1494 with 3858 ,travo 20 A big bell,2 elco 63000 uf/100 v,bridge 25 A ,spk protect,pre-amp rakitan sndiri,dan 4X spk 18" black spyder 750 w .. :) mohon solusinya para master PA .. :)
    Balas

    Balasan




    1. Saran saya pakai trafo 30a 57v, ini voltase minimal untuk sandar speaker 4x18". Kurang dari ini masih belum optimal. Maaf telat balas
  9. Salam kenal mas sani , bagaimana cara membuat amplifier masjid untk toa dg power ocl 150w supaya kuencng dan aman untk spkrnya , terus tone control dan pre amp mic Nya pakai apa ? , mohon bantuannya ,trims !
    Balas

    Balasan




    1. Power sistem OCL tidak cocok dengan speaker membran toa, kalau dipaksakan suara tidak jauh dan speaker bisa rusak.

      ada amplifier khusus untuk ini, biasanya pakai trafo OT-IT.
      maaf telat balas
    2. blazer saya bas nya ngag nendang jauh mohon bantuanya mas....
  10. power blazer saya bas nya mantap tapi 3 meter basnya hilang mohon bantuan nya mas...
    Balas

    Balasan




    1. itu powernya belum keluar mas, naikkan r gain 15k ke 33k~68k. bisa juga dari bok speakernya. coba-coba saja, hasilnya review ke sini
    2. Saya juga menunggu reviewnya mas sani
  11. Salam kenal.....
    Maaf saya mau tanya,buat yang pakai power blazer udah ngikutin saran mas sani untuk naikkan r gain 15 k ke 33 k belum ya?gimana hasilnya? Share disini dong,soalnya saya juga baru rakit power blazer 2x500 watt travo 2x10A/47vac.tapi hasilnya kayak kurang tenaga.jika saya bandingkan sama ocl stereo yg saya modif high voltage ala mas sani driver tip41/42 d438 ganti c2073 dan a564 tidak saya ganti,rasanya ocl saya tenaganya 2 kali lipat tenaga blazer,padahal saya cuma pakai suplay 1travo 10A/42 vac.sekalian mau tanya sama mas sani gimana menurut mas sani modifan ocl saya,a564 saya ganti n5401 suara bassnya memang nambah tapi kok sember kurang menghentak,apa pengaruh dari travo yang cuma 10A atau dari elko yang belum saya ganti 22uf/100v semua atau dari yang lain mohon pencerahanya mas sani.
    Nb:saya tesnya masih di dalam rumah mas.
    Balas

    Balasan




    1. Masih pada mau pakai blaser? itu pilihan, silakan saja.
      modif OCL itu harus, terutama point 1,2,3. mudah2an tenaga bisa naik 2 kali lipat lagi
    2. Salam Kenal juga Pak Much Nano,,, saya juga pake power Blazer 2x500 R gain 15k saya ganti 30k, volume buka dikit suaranya kenceng banget.. Travo 10A CT 47, elco 10rb/100v 4 biji,
    3. 15k yang mana mas mohon share nya makasih
  12. saya pingin skemanya mas bgmana dapatnya..../
    Balas
  13. Salam kenas mas sani , dan timakasih atas ilmu ะงยชฮฎฤŸ mas sani berikan

    Mas saya mau tanya

    Rakitan PA dengan travo 5 am (era) elco 10.000uf / 50 vol =2 buah
    Power ocl 150 watt merek erabell
    Toen control menggunakan bifet

    Kira-kira agar bas lebih nendang dam empuk apa nya ะงยชฮฎฤŸ harus di diganti mas ?
    Balas

    Balasan




    1. salam kenal juga mas snc.game!
    2. Ok mas makasih , kira-kira bagaimana mas ,
    3. Di setiap tone control, dekat potensio bass, ada kapasitor 47nF. ganti ke-4 kapasitor ini dengan 33nF, biasanya dentuman bass akan lebih terasa.
      Maaf telat balas
  14. slm knl mas sani q mau tanya gimana cara membuat power yg nendang bassnya.
    Balas
  15. Klo pesen power yg siap pke itu kisaran hargaxa brp ya?
    Balas
  16. mas...kalau mau merakit speaker aktif pakai blazar buat ruangan5x5 yg bass nya mantaf harus seperti apa....mohon pencerahan buat saya yg masih pemula....skalian kalau bisa skema nya dan box nya,,,,,
    Balas
  17. LAM KENAL MAS SANI SAYA DARI ACEH ,,,BEGINI MAS SAYA ADA PA OCL 150 Wht SETEREO INGIN SAYA MODIF UNTUK MENGANGKAT SPEKER 15inc 4 KOTAK , Bagaimana caranya mas , UNTUK LAPANGAN, BALASSSSSSSSSSSSSSS YA MAS
    Balas

    Balasan




    1. tinggal rakit, postingan modif sudah ada,
  18. bang sani yang terhormat kenalkan nama saya jasuli mas dari bondowoso sy sangat suka sound system sy mau nanya R gain itu tempatnya dimana mas tolong dibalas,...trima kasih
    Balas

    Balasan




    1. di jalur speaker, blazer 15k, OCL150w 33k
  19. bang sani yg terhormat sy mau tnya lagi tentang 5 komponen kecil yaitu IC 0p-amp,
    resistor input, resistor gain, dan jaringan R-C yg di super ocl 500 itu tempatnya dimna saja.tolong penjelasannya...trima kasih
    Balas

    Balasan




    1. Ic op-amp diganti dengan sepasang transistor 2N5401 yang berdekatan, reistor input di OCL belum ada, sebagai gantinya adalah kapasitor input. resitor gain 33k-47k ada di jalur speaker. Jaringan r-c; r560 yang diseri dengan elko 22uf
  20. bang sani yg terhormat sy mohon skemanya bang yang ocl 500watt,trima kasih...
    Balas
  21. salam kenal mas sani,saya mike dari manado
    saya suka sama elekronika tapi awam dalam elektronika
    kalau boleh mas pnjelasannya sklian dgn gambar agar yng awam gmpang bljarnya...

    TrimaKasih
    Balas
  22. Mas sani salam kenal.
    sy mau tanya ni. sy br belajar elektronik. sy rakit po-amp stereo 150w beli komponen yg sdh jadi,(penguat akhirnya pake : kalau gak salah Tip2955 dan Tip3055 transistor kotak warna hitam). tonecontrol pake (tonecontrol subwofer). power supply (travo 5A besar 18v CT + elco 2x 12000uf 71 vol + 1 dioda kiprok. => suara bas empuk tp kurang bulat agak sember. suara tribel kadang pas kadang kurang bersih.. mohon diberikan solusinya
    Balas
  23. Salon aktif bassnya kurang bulet tambahin apa ya...pake IC
    Balas
  24. mas sani salam kenal,,,
    mas q mow tanya,,caranya mem-bridge power blazer 2x500 watt gimana ,,,?????
    Balas
  25. bang kalau modifikasi speaker aktif komputer simbadda cst 5100 N.biar bass nya mantap + suara kenceng gimana ya...apa aj yg harus di ganti/ di tambah..?
    Balas

45 komentar:

  1. Salam kenal mas seni,aku mau nanyak R 15k yng mana yng mau diganti yng ada kit pawer 500w mono, aku lihat ada 2.15k nya.. Yng 1 ada dijalur lespker & yng 1lagi ada dekat di10k,.klau diganti dngan 30k bisa gk mas..
    mohon bantuannya mas seni...
    TRIMA KASIH

    BalasHapus
  2. Mas klo kit power +-70 blazer 500watt pake elco 10000mfd 50 v hasilnya akan bagus gak tgangan dari trapo pk 32v

    BalasHapus
  3. R gain dibagian mana yg dimaksud bg sani pada power blzer 500 watt mono,trims

    BalasHapus
  4. Slm knal bang.. Ni aq mau nanya!! Knpa pwr blazer x8 aq ni skriny putus trus ni bang dan ngak mau bunyiii

    BalasHapus
  5. Klo suara kecil sebelah pada tone control, kira2 apanya yg harus diperbaiki

    BalasHapus
  6. Mas sani, salam kenal nih dr demak, mau nanya nih , aku punya power blazee x8 travo 15 A ct45 era dgn final sanken 6 set. Apkah mampu ngangkat speker 2×15" 800 wat, mohon jwbnnya trimakasih

    BalasHapus
  7. Asalamuallaikum.slm knl mas,saya imam diJambi,mau tanya R33 yg ada diPA 150Wat disebelah Mylar umpama diganti dgn 5K6 bgai mana?

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Salam kenal semua ,,aku paidy dari NTT atambua perbatasan timor timor,,salam kopak

    BalasHapus
  10. Salam kenal semua ,,aku paidy dari NTT atambua perbatasan timor timor,,salam kopak

    BalasHapus
  11. kit yiroshi sama blazer bagus mana bang...
    mhon bntuanx ??

    BalasHapus
  12. mat malam mas sani maaf mau tanya nih ane punya power BGR BELL 1000 WATT stereo agar dentuman bassnya lebih nendang ane harus ganti apanya ya....trimakasih banyak maZ

    BalasHapus
  13. malam mas, salam kenal,dan terimakasih sebelumnya,''apakah bisa power ocl 150 watt,pasang tr jengkol 8 set, jadi kalau stereo 16 set, dan apakah saja yang di rubah dlm komponen rangkaiannya?

    BalasHapus
  14. Mas, cara memparalel 2 Dioda Bridge gimana sih???

    BalasHapus
  15. mas mau tanya , power blazer 1000watt, mono, dgn 5set sangken, trus di pararel 5set sanken lg apa bisa menambah kekuatan watt nya mas sani, mohon infonya, untuk beban speaker 2x 18" dgn watt 1200

    BalasHapus
  16. Masukkan komentar Anda...selamat siang mas mo tanya power dengan travo 15 amper xali 2 47 ct elco 12 sama tr sanken 24 udah bisa angkat speker 18 4 buah belum ya,,mohon infonya

    BalasHapus
  17. Ms bro....sy merkit kit power 2X500 1000 Watt blazer pro.trafo 10 A 47.ct.47,elco 15000x100v 2 biji,doida brga 35A,tone control HK 21.
    Jd pertnyn sy apa ada yg kurng untuk komponen,trus waktu sy konek ke tone control swara jd dengung tp klo sy lepas grone di tone control swara dengung hilng n jernih tp swara musikny jdikecil n serak.mhon petunjukny.....

    BalasHapus
  18. Mohon infonya mas msih awam lagi
    saya merakit power 30am sangken 12set elco 6biji 22000uf 160v drever DTK 1400wat kenapa masih belum kuat ngangkat sp18 RCF 500 wat mohon infonya mas terima kasih banyak

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum

    Mas saya mau nanya.. suplay yang cocok untuk power btl tdk berapa volt ya.. Yang tertera pada pcb 42-45v..saya masih binggung ngatur suplaynya. Saya pake 2set tr final sanken 5dy

    Makasih
    Wassalam

    BalasHapus
  20. Ki seng takon aneh seng jawab juga aneh...wkwkwk
    ������

    BalasHapus
  21. Salam kenal mas...ane dari sulawesi utara. Mau nanya soal kit power 1000ss yang ada hsinknya ada elco sama kiproknya dah komplit tinggal masang ke trafo aja 25v.tapi bass nya tidak terlalu nendang spiker 10"-12" wofer n sub nya.padahal saya make trafo 10 a 25v .make tone juga ic buat bass sama twettr skalian dah di ganti..mohon pencerahannya mas.sory pemula☺

    BalasHapus
  22. Kit baja power ampli+power suply production bell yang saya pake๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
  23. Salam kenal mas..saya mau tanya..power blazer 500 watt bisa gak di modif supaya bisa kuat dengan dikasih tegangan 50 volt dari trapo

    BalasHapus
  24. Salam kenal mas..saya mau tanya..power blazer 500 watt bisa gak di modif supaya bisa kuat dengan dikasih tegangan 50 volt dari trapo

    BalasHapus
  25. Rankaean power magic pro dmodif gimn biar bas nendang

    BalasHapus
  26. R gain 15K kalau diganti lebih besar dari standarnya.. suara memang lebih Santak... akan tetapi hasil suaranya lebih kasar.. suara pecah kalau volume tinggi.
    Modifikasi sebuah PA harus selaras.. yg harus diganti mulai dati Resistor,Tr Driver, Tr Final.. jg PSU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas randu alas magic pro stereo 500wt tr driver 31c/32c semua supply 50vdc aman2 aja aku naikin lagi supply 75vdc dihidupin tanpa tr final resistor terbakar yg perlu diganti komponen apa saja dan serinya mas randu alas/ master2

      Hapus
    2. Mas didik, yg perlu diganti:
      R-13,14,113,114-(33k) ganti (47k)
      R-17,20,117,120-(2k7) ganti (2k2)
      C-1,2,4,6-(47uf/25v) ganti (47uf50v)
      C-3,5,8,9,108,109-(47uf/50v) ganti (47uf/100v)
      Tr-7,10,107,110-(A958) ganti (A1837)
      Tr-8,9,108,109-(C2168) ganti (C4793)
      D-1,2,3,4-(IN4001) ganti (IN4007) & tambah masing" 1 biji lagi Dioda.
      D-(1,2)+1 diseri 3
      D-(2,4)+1 diseri 3

      Hapus
    3. makasi banyak mas radu alas atas bimbinganya dan masukanya semogah sukses selalu mas randu alas ..mkasi

      Hapus
    4. Ok.mas didik,.. sama-sama๐Ÿ‘

      Hapus
  27. Mas sani blazer 1000 watt mono saya pakai 10 A 47 volt.ko cepat panas dmana letak kesalahanya?mohon bantuanya mas sani

    BalasHapus
  28. Slm kenal mas Sani saya pakai power 1300watt BTL tapi saya pisah buat stereo tr final TIP3055/2955 3set per mono travo 5A besar elco 10000uf/80v 6biji itu bisa bro Watt out nya ?trm ksih

    BalasHapus
  29. Mas mau tanyak...klau ocl buat angkat 12in 2..10inch 2gmna mas...gmna modifnya klu pengen pakai satu driver aja

    BalasHapus
  30. mas aku mau nanya,
    powerku mono,trafonya 3A,tapi pake speker 15inc 1 buah,12inc 2 buah,10inc 2 buah,biar nendang bassnya gmn yah mas? tapi kasih dana irit mas,gmn yah mas ngakalinnya...
    makasih mas

    BalasHapus
  31. Mass. Saya mau nanya
    R Gain pada Driver Blazer 575 Watt.
    Yang aslinya 15 k 1/4 watt
    Bagus'nya di ganti pakai R Gain 27k 1/2 watt atau R Gain 33k 1/2 watt Mas.

    BalasHapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  35. Saya mau nanya power blazer 800wt travo 15am di serri 45volt.speker 18in 2biji .suara bas nya tdk jauh gimana itu.mksh

    BalasHapus